01 Desember 2015

ResearchGate, Media Sosial Akademisi.


Tampilan Awal ResearchGate sebelum Log In

Akhirnya nge-post juga ulasan tentang media sosial keren yang satu ini. Iya...ResearchGate! Kalau di judul postingan penulis menyebutnya "media sosial akademisi" mungkin sebenarnya tidak sesempit itu, hanya saja memang sebagian besar yang mendominasi penggunanya adalah para peneliti, dosen dan pelajar. Namun sebenarnya siapapun yang tertarik dengan ilmu pengetahuan dapat bergabung secara gratis layaknya penggunaan media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Linked In, Google Plus, Instagram, Academia.edu dan lain sebagainya. 

Kenapa penulis menyebutkan "yang tertarik dengan ilmu pengetahuan''? Karena di media sosial ini adalah gudangnya ilmu dan di ResearchGate lebih mengarah pada diskusi ilmiah, pencarian jurnal (dari researcher atau publisher langsung), juga bisa following dan mengirim pesan langsung ke mereka. Siipp..seruuu kan ya? Bisa kenalan sama ilmuwan keren (ilmunyaaaaa yaaaa..hehe).  

Apa itu ResearchGate?
ResearchGate adalah situs jejaring sosial bagi para ilmuwan dan peneliti untuk berbagi makalah, bertanya dan menjawab pertanyaan, dan menemukan mitra dari berbagai disiplin ilmu. The New York Times menggambarkan situs ini sebagai mashup (kombinasi) dari Facebook, Twitter dan LinkedIn. ResearchGate bisa menjadi tempat:
  • Membagikan publikasi/makalah, mengakses jutaan jurnal penelitian/makalah, dan mempublikasikan data dan makalah kita (member).
  • Terhubung dan berkolaborasi dengan rekan/kolega, teman sebaya, co-authors, dan spesialis di bidang tertentu.
  • Mengetahui statistik dan mencari tahu siapa yang telah membaca dan mengutip publikasi kita (member).
  • Mengajukan pertanyaan, mendapatkan jawaban dan menemukan solusi permasalahan penelitian kita (member).
  • Menemukan pekerjaan yang tepat dengan menggunakan research-focused job board di ResearchGate.  
Selain dapat mengikuti/ "Follow" pengguna akun lain seperti pada twitter, seseorang juga dapat mengikuti publikasi penelitian tertentu. ResearchGate juga memiliki fitur blogging untuk menulis ulasan singkat tentang artikel yang diulas oleh pengguna lain. ResearchGate mengindeks informasi pengguna yang diterbitkan pada profil pengguna untuk menyarankan anggota untuk terhubung dengan orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama. Ketika seorang pengguna memposting pertanyaan, ResearchGate menerjunkan para ilmuwan yang telah diidentifikasi pada profil pengguna mereka bahwa mereka memiliki keahlian yang relevan. ResearchGate juga memiliki ruang chat pribadi di mana para ilmuwan dapat berbagi data, mengedit dokumen yang dibagi, atau mendiskusikan topik rahasia.

ResearchGate didirikan pada tahun 2008 oleh dokter yaitu Dr. Ijad Madisch dan Dr. Sören Hofmayer, serta ilmuwan komputer yaitu Horst Fickenscher

Apa misi ResearchGate?
Misi dari media sosial yang satu ini adalah untuk menghubungkan para peneliti dan memudahkan mereka berbagi dan mengakses output ilmiah, ilmu pengetahuan, dan keahlian. Menemukan di ResearchGate apa yang dibutuhkan peneliti untuk memajukan penelitian mereka.
  
Berapa member ResearchGate?
Member ResearchGate hingga 13 Agustus 2014

Member ResearchGate sampai tanggal 13 Agustus 2014 adalah lebih dari 5.000.000 pengguna Sedangkan update tanggal 21 Oktober 2015 berjumlah lebih dari 8.000.000 pengguna dari 193 negara. Basis pengguna terbesar ResearchGate adalah di Eropa dan Amerika Utara. Sebagian besar pengguna ResearchGate adalah yang berkecimpung di bidang kedokteran atau biologi, meskipun juga memiliki anggota dari bidang teknik, ilmu komputer, ilmu pertanian, psikologi, dan bidang lain.

Member ResearchGate dari awal terbentuk hingga 21 Oktober 2015

So... bagi para peneliti, dosen, mahasiswa dan siapapun yang mau mencari referensi jurnal, minta jurnal full-text bisa daftar jadi member di ResearchGate >> KLIK DI SINI <<



Sumber:

ResearchGate. (update 26 November 2015). https://en.wikipedia.org/wiki/ResearchGate diakses pada 01 Desember 2015.
About Us. (2015). http://www.researchgate.net/about diakses pada 01 Desember 2015.
Press. (2015). http://www.researchgate.net/press diakses pada 01 Desember 2015.
Today we celebrate eight million researchers and scientists on ResearchGate. (21 Oktober 2015). https://www.researchgate.net/blog/post/8-out-of-8-million diakses pada 01 Desember 2015.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar